KATUMBIRI FKIP KENALKAN KESENIAN ANGKLUNG DI STUDI VISIT UNIVERSITAS UDAYANA - GEMERCIK MEDIA

Breaking

Tuesday 9 August 2016

KATUMBIRI FKIP KENALKAN KESENIAN ANGKLUNG DI STUDI VISIT UNIVERSITAS UDAYANA



Sanggar Seni Katumbiri yang merupakan sebuah komunitas angklung di bawah naungan BEM FKIP UNSIL dipercaya untuk menyambut kedatangan Universitas Udayana Bali ke Universitas Siliwangi Tasikmalaya Minggu (07/08) pagi. Sanggar Seni Katumbiri yang kemudian akrab dipanggil dengan nama “Katumbiri” ini tampil membawakan dan memperkenalkan kesenian angklung hadapan 40 orang utusan dari Universitas Udayana. Anggota Katumbiri yang tampil sebanyak 33 orang, terdiri dari 6 orang pemain instrumen dan 27 orang pemain angklung. Lagu yang dibawakan yaitu lagu Just The Way You Are yang dinyanyikan oleh Bruno Mars.

Aldo Kholil Permana, salah seorang amahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris yang juga anggota Sanggar Seni Katumbiri 2015 berbagi perasaannya setelah tampil bersama rekan-rekan se-komunitasnya. Ia merasa bangga bisa menampilkan kesenian asli dari Sunda Jawa Barat ini yang tidak lain adalah kesenian angklung. “Perasaannya senang lah bisa berpartisipasi dalam acara menyambut Universitas Udayana yang notabene beda provinsi, sekalian mengenalkan kebudayaan kita juga pada mereka. Respon dari mereka juga bagus,“ papar Aldo.

Aldo juga mengatakan persiapan latihan untuk penyambutan ini hanyalah sehari, dikarenakan ada miss komunikasi tentang undangannya, “Ya, tapi pemain angklung sudah pada hafal partitur lagunya, jadi tinggal ngelancarin aja sama pemain instrumen,” jelas Aldo. “Evaluasinya, dari persiapan ditingkatkan lagi, soalnya tadi juga tidak sempat check sound,” tambahnya.

Di akhir wawancara, Aldo memaparkan harapannya, ”Harapannya buat Katumbiri semoga penampilan selanjutnya lebih baik lagi dan buat yang nonton semoga penampilan kita dapat memacu untuk lebih melestarikan warisan budaya kita dan bangga saat memainkannya. Karena kalu bukan kita siapa lagi?” Tutup Aldo mengakhiri wawancara. (Sucine)

No comments:

Post a Comment