INI DIA PERIHAL KARDUS MERAH PUTIH - GEMERCIK MEDIA

Breaking

Tuesday 9 August 2016

INI DIA PERIHAL KARDUS MERAH PUTIH



Lagi-lagi mahasiswa baru dibingungkan kembali perihal pembekalan untuk OMBUS, dimana OMBUS itu sendiri merupakan singkatan dari Orientasi Mahasiswa Baru Universitas Siliwangi. Sebelumnya mahasiswa baru ini dibingungkan oleh kabar Payung Geulis yang simpang siur, namun akhirnya ditemukan kejelasannya. Kali ini mengenai Kardus Merah Putih.

“Mau tanya, ya disuruh bawa kardus atau apalah gitu, terus ada yang ngomong disuruh bikin kotak. Nah, yang jadi pertanyaan, Si Kardus itu buat apa? Sedangkan di booklet kan gak disuruh bawa kardus atau bikin kotak. Terus ada yang bilang kardus itu buat alas karton warna putih. Nah, kan di booklet ditulis ‘Permukaan depan merah dan belakang putih’, atuh lamun dialas ku kardus mah permukaan belakangna jadi gak warna putih :/ ?” Tulis salah seorang Mahasiswa Baru di grup Facebook Universitas Siliwangi 2016.

Setelah dikonfirmasi kepada Koordinator Kedisiplinan OMBUS, Risyal Saputra menjelaskan melalui akun instagramnya. Ia membenarkan perihal kardus tersebut. Kardus digunakan sebagai alas yang membatasi karton merah dan karton putih. Kardus dipotong dalam bentuk A3, lalu pada permukaan depannya ditempel karton merah setelah itu pada permukaan belakangnya ditempel karton warna putih.

Jadi dapat disimpulkan, dalam hal ini yang perlu dilakukan adalah membuat persegi panjang ukuran A3 sebanyak 3 buah. 1 persegi panjang dari kardus, 1 dari karton warna merah dan 1 lagi dari karton warna putih. Ketiganya direkatkan menjadi satu sehingga membentuk satu buah persegi panjang berukuran A3. Mengapa harus memakai kardus? Alasannya yaitu supaya kertas tersebut lebih tebal dan kuat (dalam Bahasa Sunda: tidak letoy).

Untuk lebih jelasnya, lihat gambar dibawah. Foto diambil melalui akun instagram Risyal Saputra. INGAT! Ukuran karton pada gambar hanyalah sebagai contoh, ukuran karton yang sesungguhnya yakni A3 (setara dengan 29,7 cm x 42 cm).

Sudah tidak bingung lagi, kan? (Sucine) 
 


No comments:

Post a Comment