Tasik asyik menjadi tema penutupan kuliah duha 2015 3000 Lebih Mahasiswa Baru Universitas Siliwangi Tahun 2015 Mengikuti Penutupan Kuliah Duha 2015 - GEMERCIK MEDIA

Breaking

Monday 5 October 2015

Tasik asyik menjadi tema penutupan kuliah duha 2015 3000 Lebih Mahasiswa Baru Universitas Siliwangi Tahun 2015 Mengikuti Penutupan Kuliah Duha 2015



KET FOTO:
Rektor Universitas Siliwangi, Prof. Dr. Ir. H Rudi Priyadi, MS yang diwakili oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Dr. H. Cucu Hidayat, M.Pd menutup acara kuliah duha yang diselenggarakan UKM KISI selama empat pekan mulai tanggal 13, 20, 27 September dan 4 Oktober di Gedung Mandala Universitas Siliwangi, Minggu (4/10). (Foto:Dewi)

Tasikmalaya (Gemercik) – Sebuah Unit Kegiatan Mahasiwa KISI di Universitas Siliwangi berhasil memberikan gebrakan sejarah bagi mahasiswa baru melalui kegiatan kuliah duha untuk menjadi seorang mahasiswa yang berkarakter. Kegiatan yang diikuti 3000 lebih mahasiswa baru Universitas Siliwangi, baik dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, Fakultas Agama Islam, Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Kesehatan ini merupakan program kerja dari UKM KISI yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Kegiatan kuliah duha tahun 2015 ini bertemakan masa depan, aku siap.
Kuliah duha pada minggu pertama dilaksanakan tanggal 13 September 2015 dengan pemateri Ustadz Kemas Mahmud Al Hanif yang merupakan seorang penulis buku dan trainer nasional memberikan motivasi dengan tema Ketika Cinta-Nya Memanggil kepada 3000 lebih mahasiswa baru Universitas Siliwangi. Pada tanggal 20 September 2015 seorang CEO Keke Busana Kang Rendy Saputra memberikan motivasinya yang bertemakan muda mulia kepada seluruh mahasiswa baru Universitas Siliwangi.
Pada pekan ketiga, 27 September 2015 UKM KISI mengundang para narasumber  baik Dosen PAI Bapak Asep Suryanto, M.Ag, Ketua DKM Al-Muhajirin Bapak Drs. H. Nana Setialaksana, M.Pd dan mahasiswa berprestasi Unsil Yudhi Arie Priyanto dan Wawan Setiawan, S.P untuk memberikan ilmunya kepada mahasiswa baru Universitas Siliwangi agar menjadi Unsil Madani Penuh Prestasi.
Dan pada pekan keempat kuliah duha yang merupakan pekan terakhir, mengangkat tema Tasik Asyik, Minggu (4/10) dimana UKM KISI mengundang sejumlah narasumber baik dari Polri Tasikmalaya yang memberikan materi pergaulan bebas serta dari MUI Kota Tasikmalaya. Tidak lupa kegiatan kuliah duha pekan terakhir ini menghadirkan Komunitas yang ada di Tasikmalaya. Bukan hanya sekedar pemberian materi dari para narasumber, namun kuliah duha pekan keempat ini menjadi penutupan kuliah duha yang dilaksanakan mulai dari tanggal 13, 20, 27 September dan 4 Oktober.
Penutupan kuliah duha yang merupakan kegiatan rutin UKM KISI ini dihadiri oleh Rektor Universitas Siliwangi, Prof. Dr. Ir. H Rudi Priyadi, MS yang diwakili oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Dr. H. Cucu Hidayat, M.Pd, Pembina UKM Kisi Bapak Asep Suryanto, M.Pd, Presiden Mahasiswa Mochamad Irvan Efrizal, Ketua UKM KISI, Wili Ramadan, Ketua pelaksana kegiatan kuliah duha UKM Kisi yang diwakili oleh Ilham Rudiansyah, para ketua Ormawa di Universitas Siliwangi dan 3000 lebih mahasiswa baru Universitas Siliwangi.
Kegiatan penutupan kuliah duha, Minggu (4/10) kemarin, dimulai dari pembacaan ayat suci al-quran, laporan dari Ketua Pelaksana, Sambutan dari Ketua UKM KISI, Sambutan dari Pembina UKM KISI, Sambutan dari Rektor Universitas Siliwangi yang diwakili Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang sekaligus menutup acara kuliah duha selama empat pekan ini.

Ketua Pelaksana Kuliah Duha 2015 yang diwakili oleh Ilham Rudiansyah melaporkan, kuliah duha 2015 yang diikuti 3000 lebih mahasiswa baru dari berbagai fakultas di Universitas Siliwangi ini merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya. Namun kuliah duha tahun ini mengangkat tema masa depan, aku siap. Dalam laporan tersebut, Ilham Rudiansyah mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh civitas Universitas Siliwangi yang telah memberikan izin atas terselenggaranya kegiatan ini, dan mengucapkan banyak terima kasih pula kepada guru PAI yang telah menjadikan kuliah duha sebagai bahan penilaian dalam perkuliahan. “Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung acara ini sehingga kegiatan berjalan dengan lancar baik dari civitas akademik, guru PAI, Spot Unsil maupun komunitas lainnya serta para sponsor dan peserta kuliah duha tahun 2015, “tuturnya.

Kuliah duha adalah sebuah fase bersejarah dan tentu sejarah tidak bisa ditoreh dengan mudah tetapi membutuhkan perjuangan, maka manfaatkan kegiatan kuliah duha ini untuk hijrah ke arah yang lebih baik. Hal tersebut dikatakan oleh Ketua UKM KISI Universitas Siliwangi, Wili Ramadan. Dia berharap, apa yang kita curahkan baik itu keringat maupun tenaga semoga bisa menjadikan Universitas Siliwangi menjadi kampus terdepan dan terbaik di Jawa Barat maupu nasional karena Unsil juga merupakan salah satu universitas yang ditunjuk sebagai universitas pendidikan karakter.
Pembina UKM KISI, Asep Suryanto, M.Pd dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih atas terselenggaranya kegiatan kuliah duha baik kepada lembaga yang telah memberikan tempat maupun kepada panitia yang telah menjadi kontributor dalam pendidikan karakter mahasiswa di Universitas Siliwangi. Dia juga mengatakan, bahwa ada beberapa tipe mahasiswa di Universitas Siliwangi, pertama tiper kura-kura (kuliah rapat-kuliah rapat), kedua tipe kupu-kupu (kuliah pulang-kuliah pulang) dan ketiga tipe mahasiswa berprestasi. “Saya berharap semua mahasiwa menjadi mahasiswa yang bertipe kura-kura (kuliah rapat-kuliah rapat) dan berprestasi, “tuturnya. Dia juga mengamanatkan, jikalau ini kuliah duha terakhir, tetapi semangat harus terus berkobar.

Sambutan terakhir diberikan oleh Rektor Universitas Siliwangi, Prof. Dr. Ir. H Rudi Priyadi, MS yang diwakili oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Dr. H. Cucu Hidayat, M.Pd yang sekaligus menutup acara kuliah duha tahun 2015 mengatakan, sebagai manusia kita berkewajiban untuk beribadah dan berkewajiban memberikan rohmat kepada seluruh alam. Namun dalam faktanya, manusia malah merusak alam itulah fenomena manusia yang tidak berhasil memajukan diri.
Dia juga menambahkan, bahwa program kerja kuliah duha yang diselenggarakan UKM KISI ini dalam rangka menyempurnakan diri untuk menjadi manusia yang sempurna. “Semoga melalui kegiatan ini kita semua bisa mengatur kemampuan emosi dan spiritual agar seimbang, “katanya.

Dia juga berpesan, bahwa penutupan kuliah duha pekan terakhir ini bukan menjadi akhir segalanya, tetapi awal dari perubahan menuju mahasiswa yang berkarakter. “Jadilah mahasiswa yang aktif, berprestasi, berkarakter, jujur dan tanggungjawab dalam segala aspek kehidupan supaya menjadikan Universitas Siliwangi menjadi kampus berprestasi di Indonesia, “pungkasnya.

Salah seorang peserta kuliah duha, Dani (19) dari program studi pendidikan sejarah mengatakan, kegiatan kuliah duha ini sangat bermanfaat dan mengapresiasi sekali. Memberikan efek positif untuk melakukan perubahan dalam diri agar menjadi mahasiswa dengan masa depan yang cemerlang. “Selama saya mengikuti kuliah duha selama empat pekan ini, terasa sekali oleh saya efek positifnya. Dari yang biasanya malas-malasan bangun pagi jam 7, alhamdulillah melalui kegiatan ini saya selalu bangun jam 4. Dan sekarang hal itu sudah menjadi sebuah kebiasaan. Kegiatan kuliah duha ini is the best, “katanya. Semoga kegiatan ini terus berjalan dengan baik setiap tahunnya dan selalu memberikan efek positif pada setiap eventnya.


(Dewi Milna Wulandari)

No comments:

Post a Comment