Sumber Foto : Google |
Suatu kebiasaan,
rutinitas, atau lebih sering disebut masyarakat sebagai Life Style,
merupakan salah satu hal yang tidak akan pernah bisa lepas dari kehidupan
manusia. Perannya mengikat erat jiwa dan karakter pada diri manusia.
Tipe realisasinya ada yang
berbentuk positif dan negatif tentunya, tergantung dari niatan seseorang itu
dalam menyikapi perubahan atmosfer yang ada di sekelilingnya. Maksudnya, apakah
ia ingin condong menuju life style yang memberikan keuntungan, atau
sebaliknya.
Biasanya sifat dari gaya hidup ini
adalah fleksibel, lentur, atau mengikuti arus perkembangan zaman. Hal tersebut berarti bahwa gaya hidup seseorang
ditentukan oleh lingkungan sekitar yang dekat dengan dirinya. Tentu saja, hal tersebut
juga berlaku untuk warga Tasikmalaya. Pada era millenial ini, tidak ada hal
yang sulit lagi untuk dilakukan. Akses yang luas, ditambah informasi yang terus
menyesuaikan. Internet yang sudah menjadi addict di kalangan
masyarakat dunia memengaruhi mudahnya jembatan akses yang bersifat universal,
sehingga memungkinkan masuknya informasi maupun interaksi sosial sesama warga
dunia. Hal tersebut tentunya memberikan peluang dan keuntungan yang besar bagi
setiap negara,
termasuk Indonesia dan kota tercinta kita ini, Tasikmalaya. Bukan hal yang
aneh jika misalnya Kota Tasikmalaya menjadi sebuah kota termaju di Indonesia. Hal tersebut bisa saja
terjadi akibat keterkaitan masyarakatnya dengan internet sangat kuat, sehingga
menimbulkan banyak manfaat yang mampu mengubah hampir keseluruhan dari
kepribadian gaya hidup, dan ability masyarakatnya.
Apapun
bisa di wujudkan melalui internet. The Power of Internet atau kekuatan
dari internet tersebut telah memengaruhi kebiasaan masyarakat dunia. Akibat
dari hal tersebut, informasi
terkini dapat dengan cepat sampai ke Kota Tasikmalaya, sehingga memberikan persepsi baru
yang langsung mengubah Life Style-nya warga di Kota Tasikmalaya.
Remaja
atau akhir-akhir ini viral dengan sebutan “Kids Jaman Now” adalah salah
satu yang paling dominan dalam menguasai dunia Internet. Termasuk di Tasikmalaya, Akhir dekade ini Kota Tasikmalaya berkembang
dengan pesat menyusul Kota Bandung. Baik itu di
bidang wisata, kuliner, fasilitas umum, dll. Hal tersebut merupakan salah satu
bukti nyata terhadap perkembangan era zaman now.
Karena perubahan kondisi dan situasi di Kota Tasikmalaya, maka terjadilah
perubahan perilaku atau Life Style pada warganya.
Hal
tersebut dapat dicerminkan melalui kebiasaan yang sering mereka lakukan,
kebiasaan yang banyak mengundang warga lain untuk ikut berpartisipasi sehingga
banyak menimbulkan hal-hal baru dan kebiasaan baru lain tentunya. Misalnya CFD
(Car Free Day), yang dulunya tidak ada, menjadi ada. CFD banyak
mengundang masyarakatnya untuk ikut berpartisipasi, baik dalam berdagang maupun
hanya sekedar melihat-lihat atau berolahraga saja. Kebiasaan seperti itu terus
berlanjut dan berubah menjadi Life Style dan budaya baru di Kota
Tasikmalaya.
Ditambah
lagi, sekarang sudah mulai banyak menjalar wisata kuliner yang baru-baru ini
diadakan di Kota Tasik. Mambo adalah salah satu street food yang paling
banyak diminati warganya, dan hanya diselenggarakan satu kali selama seminggu
yaitu malam minggu saja. Perubahan Life Stylepun terjadi di sini, yang
mulanya warga jarang keluar di malam hari, memaksa mereka untuk memuaskan rasa
penasarannya sehingga terdorong untuk mencoba hal tersebut, dan jika timbal
baliknya baik, maka hal tersebut akan berkelanjutan seperti halnya pengaruh
adanya CFD tadi.
Selain
kuliner, tempat berfoto adalah salah satu hal yang paling banyak diburu. Jiwa Kids
Jaman Now memang banyak dipenuhi dengan ketertarikan tersendiri terhadap
hal-hal seperti itu, bahkan tidak sedikit dari mereka merelakan waktu, uang,
dan tenaganya demi memenuhi kepuasannya terhadap hal tersebut. Ditambah Kota
Tasikmalaya
ini yang belum lama banyak membuka dan
menyelenggarakan akses wisata baru seperti misalnya, Karang Resik, Pasir
Krisik, atau tempat tempat yang cocok dijadikan sebagai ajang untuk berfoto
ria.
Hal
di atas hanya contoh kecilnya saja, masih sangat banyak tentunya tempat wisata
baru di Tasikmalaya yang tidak dapat saya paparkan satu persatu. Pada intinya Kids
Jaman Now di Tasikmalaya sangat dipermudah dalam mengakses hal-hal baru di
sekitarnya, terutama lewat sosial media yang bernama instagram, banyak
official-official yang memberikan informasi tertentu mengenai hal-hal baru yang
ada di Kota Tasikmalaya ini. Sehingga perubahan Life Style-nya Kids
Jaman Now, bahkan warga lainnya yang ingin ikut merasakan di Kota
Tasikmalaya ini berubah
secara drastis dan menimbulkan kebiasaan atau budaya baru yang diharap dapat
membawa Kota
Tasik ini menjadi salah satu kota yang maju dikemudian hari. (Nida Aulia)
No comments:
Post a Comment