Perjuangan Kakek Tua Penjual Es Jeruk di Simpang Jalan - GEMERCIK MEDIA

Breaking

Tuesday 20 October 2015

Perjuangan Kakek Tua Penjual Es Jeruk di Simpang Jalan




Siang itu, Matahari sedang terik-teriknya menerpa jalanan panas beraspal di sekitar daerah Simpang Lima, Tasikmalaya. Tepat di tikungan jalan di dekat zebra cross, seorang kakek tua sedang berteduh sambil menunggui gerobak kecilnya. Tak peduli panas mendera, kakek ini setia menunggu pembeli yang berdahaga untuk membeli es jeruk yang ia jajakan.


Berbeda dengan para penjual minuman lainnya—yang mempunyai tempat berjualan tetap maupun gerobak yang lebih besar dan layak— Kakek yang berusia 84 tahun ini menggunakan gerobak kecil dan peralatan yang sederhana; alat peras jeruk yang harus di putar oleh kedua tangannya sendiri, cup-cup plastik kecil sebagai wadah. Dan lagi ia harus mendorong gerobaknya yang walaupun kecil pasti berat bagi seorang kakek berkepala delapan ini. Oleh karena itu ia lebih sering mangkal di tikungan Simpang Lima, berharap ada beberapa pembeli yang mau membeli dagangannya.

Memang tak banyak, namun ada juga beberapa pembeli yang datang membeli es jeruk padanya meskipun mereka harus mengeraskan suara saat memesan dan sabar menunggu saat es jeruk pesanan mereka di peras terlebih dahulu. Maklum usia yang renta membuat pendengarannya berkurang dan gerak sendinya tak leluasa lagi. Namun semua itu tak lantas mematahkan semangatnya. Di saat seharusnya ia beristirahat di rumah dan menikmati masa senjanya dengan tenang, ia tetap berjualan demi menafkahi keluarga terutama cucu-cucunya yang masih kecil. Katanya, meskipun sudah tua toh ia masih sehat.

Betapa perjuangan luar biasa yang patut direnungi oleh para anak muda di luar sana. Seorang kakek tua saja masih mampu bekerja demi orang-orang yang beliau sayangi, di saat pemuda-pemudi di luar sana lebih sering mengeluh terhadap hidup mereka sendiri.

(jihan muthia zalfa/gemercik)

3 comments:

  1. Bagus,
    Ada satu prtnyaan hehe :)
    Itu foto hasil jepret sendiri atau jepret org lain?
    Mngingatkan, jka trdapat foto dan aplgi hsl org lain, beri keterangn dbawah foto say biar gk dsngka ngambil kry org hehe

    ReplyDelete
  2. Terimakasih atas kritik dan sarannya, ini foto dari teman saya yg bikin saya akhirnya mengangkat berita ttg kakek ini. Memang masih banyak kekurangan maklum berita pertama :)

    ReplyDelete
  3. Tadi akuh ke simpang lima tasik, tp ga ada kakek, pdhl aku pengennn ketemu

    ReplyDelete