Sebarkan Edukasi Peduli Lingkungan Melalui Ecobrick, Himapbio Sambangi MAN 1 Tasikmalaya - GEMERCIK MEDIA

Breaking

Sunday 14 April 2019

Sebarkan Edukasi Peduli Lingkungan Melalui Ecobrick, Himapbio Sambangi MAN 1 Tasikmalaya



Gemercik News - Tasikmalaya (13/04). Menggunakan bahan utama limbah plastik, Himapbio Unsil kenalkan Ecobrick kepada para siswa MAN 1 Tasikmalaya. Program kerja yang dinamai Biology Goes to School ini sebagai bentuk pengabdian mahasiswa Biologi terhadap lingkungan sekitar sekaligus mengajak para siswa untuk sadar dan peduli akan kebersihan lingkungan, khususnya meminimalisasi penggunaan plastik. 

“Ecobrick yaitu pemanfaatan limbah sampah plastik yang kering, yang dijadikan sebuah barang yang memang bisa digunakan. Misalnya dengan mengumpulkan botol-botol air mineral bekas yang bebas ukurannya, dimasukkan dengan sampah plastik yang padat kemudian disatukan dibentuk dan bisa menjadi kursi, meja, dan lain-lain,” ujar Asti selaku ketua pelaksana BGS.

Kegiatan yang bertemakan “Meningkatkan Generasi yang Lebih Inovatif dan Kreatif Dengan Aksi Terhadap Lingkungan” ini dihadiri oleh 66 siswa-siswi MAN 1 Tasikmalaya yang merupakan anggota Kelompok Ilmiah Remaja atau KIR. Dengan harapan bahwa siswa-siswi tersebut dapat mendistribusikan ide dan gagasan Ecobrick ini kepada teman-temannya di kelas nanti. 

“Dengan membuat tema tersebut saya sangat berharap sekali setelah dilaksanakannya acara ini, agar bisa membangun generasi-generasi yang memang peduli terhadap lingkungan. Kalau bukan kita siapa lagi. Ayolah, soalnya banyak bahaya-bahaya dari apa yang kita lakukan. Soalnya lingkungan itu rusak karena kita juga. Kita harus segera sadar untuk membangun generasi-generasi yang memang peduli dengan lingkungan,” tutur Asti mengakhiri wawancara.

Selain Ecobrick, rangkaian acara Biology Goes to School ini pun terdapat Edukasi, pengenalan media pembelajaran yang berisikan pameran-pameran dari pihak Himapbio. Kemudian diakhiri dengan Demonstrasi Ilmiah sebagai hiburan sekaligus penutup dari serangkain acara yang terdapat dalam Biology Goes to School tersebut.


Penulis: Ayu Sabrina B. & Dina Aulia 

Penyunting: Annisa Az

No comments:

Post a Comment