Bukan Hanya Menggelar Rakorwil, HME Unsil Turut Serta Mempersiapkan Mahasiswa untuk Revolusi Industri 4.0 dengan Seminar dan Pameran Teknologi - GEMERCIK MEDIA

Breaking

Sunday 14 April 2019

Bukan Hanya Menggelar Rakorwil, HME Unsil Turut Serta Mempersiapkan Mahasiswa untuk Revolusi Industri 4.0 dengan Seminar dan Pameran Teknologi


Gemercik News – Tasikmalaya (14/04). Himpunan Mahasiswa Elektro melaksanakan Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) pada 13 sampai 14 April 2019. Yang membedakan Rakorwil tahun ini dengan tahun lalu adalah Rakorwil tahun ini dibungkus dalam acara temu keluarga FKHMEI wilayah VII Jawa Barat dengan beberapa rangkaian acara yaitu seminar, pameran teknologi dan Rakorwil.

Rakorwil dibuka dengan seminar yang bertemakan “Peranan FKHMEI dalam Mewujudkan Energi Baru Terbarukan di Era Revolusi Industri 4.0 untuk Menuju Indonesia Emas 2045” pada 08.00 WIB di Gedung Mandala Unsil. Menurut penuturan Fiqor Yona Mujabi selaku ketua pelaksana, seminar ini dihadiri oleh 265 peserta seminar yang berasal dari kurang lebih 20 Himpunan Mahasiswa Elektro di wilayah VII Jawa Barat dan tidak terbuka untuk umum.

“Ya kita itu lagi jaman-jamannya EBT gitu, Energi Baru Terbarukan. Sementara sebentar lagi Indonesia tuh mau memasuki revolusi industri 4.0 jadi kami mau mempersiapkan mahasiswa-mahasiswa yang mengerti tentang EBT untuk masuk di dunia industri 4.0, seperti itu.” Jelas Fiqor mengenai alasan mengapa tema tersebut dipilih.

Seminar pada Sabtu (13/04) mengundang pembicara yaitu Ricky Elson, Sang Putra Petir. Fiqor juga menjelaskan mengapa mempercayai Ricky Elson sebagai pembicara yaitu karena kebetulan Ricky Elson sedang mengembangkan tentang energi di Ciheras, Tasikmalaya, dan EBT juga berkaitan dengan Energi. Menurut Fiqor, Ricky Elson dapat memberikan motivasi-motivasi kepada mahasiswa.

Setelah acara seminar selesai, dilanjut dengan Pameran Teknologi pada 13.00 WIB dengan lokasi yang masih sama. Teknologi yang dipamerkan di pameran ini merupakan hasil karya mahasiswa, salah satu contohnya Angklung Otomatis dari mahasiswa Politeknik TEDC Bandung. Bukan hanya mahasiswa dari luar Unsil, mahasiswa jurusan teknik elektro Unsil juga unjuk kebolehan lewat teknologi yang bernama SiMontoKU.

Angklung Otomatis dari Politeknik TEDC Bandung

SiMontoKU dari mahasiswa jurusanTeknik Elektro Universitas Siliwangi

Rangkaian acara Temu Keluarga FKHMEI Wil. VII Jawa Barat ini ditutup dengan Rapar Koordinasi Wilayah (Rakorwil) yang dimulai pada 20.00 WIB masih di lokasi yang sama yaitu Gedung Mandala Unsil. Rakorwil dibuka dengan perkenalan dari masing-masing perwakilan himpunan di wilayah VII Jawa Barat dan Rakorwil ini berlanjut sampai 14 April 2019.


Penulis: Sylvia

Penyunting: Yeyen Y.

No comments:

Post a Comment