Sempat Membuat Macet Jalan Raya Tasik, Fakultas Teknik Tetap Lakukan Aksi Konvoi Sebagai Tradisi - GEMERCIK MEDIA

Breaking

Monday 1 April 2019

Sempat Membuat Macet Jalan Raya Tasik, Fakultas Teknik Tetap Lakukan Aksi Konvoi Sebagai Tradisi


Gemercik News-Tasikmalaya (30/03). Fakultas Teknik dengan tradisi yang telah membudaya sejak dulu, turut iringi wisudawan ke Gedung Mandala dengan teriakkan dan gaya khas pangjajap-nya, "Kita melakukan barikade dari area Fakultas Teknik sampai ke Mandala dengan jargon minggir dong, jargon teknik, teknik biru, teknik satu, teknik jaya selalu," jelas Rio Evra Ginta Ginting, mahasiswa jurusan teknik elektro (2016) selaku Ketua Pelaksana pangjajap wisuda Fakultas Teknik.

Tak sampai di situ, untuk tonjolkan ciri khasnya, Fakultas Teknik pun lakukan konvoi dan iringi sebagian wisudawannya menggunakan mobil alat berat atau loader dari Unsil ke Terminal Cilembang dan sebaliknya, ini sempat dituding membuat jalan sekitar Unsil dan jalan raya Tasik macet karena aksi konvoi menggunakan loader tersebut.

Ellen, salah satu pihak keamanan dari Resimen Mahasiswa (Menwa) mengatakan pihaknya mempersilahkan dan membiarkan aksi yang dilakukan Fakultas Teknik selagi itu tidak membuat kericuhan, "Selama itu tidak membuat kericuhan atau hal-hal yang merugikan orang lain itu kami persilahkan, selama tidak ada yang menyimpang seperti itu kami persilahkan. Ya mungkin itu adalah ciri khas mereka," ungkapnya.

Rio juga menjelaskan, aksi mereka menggunakan loader dengan rute tersebut telah mendapat perizinan dari pihak kepolisian dan warga setempat pun belum ada yang protes terhadap konvoi tersebut karena ini merupakan tradisi atau budaya dari Fakultas Teknik sendiri, "Budaya yang memang dari kakak-kakak sebelumnya gak mungkin dihilangkan. Kita harus meregenerasikan ini. Ya ibaratnya ini moment sekali seumur hidup yang gak bisa dilupakan," jelas Rio.

Orang tua serta masyarakat setempat pun tidak merasa terganggu dan tidak mempermasalahkan dengan aksi konvoi tersebut, malah terkesan antusias seperti yang dikatakan bapak Ono, salah satu warga di sekitar Unsil, "Saya tidak merasa terganggu. Karena 'kan ini kegiatan wisuda sebagai hiburannya. Jangan dihilangkanlah. Kalo bisa di Fakultas lain juga harus ada kegiatan hiburan," ungkapnya.

Hiburan sekaligus momen bagi wisudawan dan mahasiswa yang meramaikan acara wisuda khas Fakultas Teknik yang dilakukan setiap periodenya, "Sangat terharu pokoknya sangat bahagia jarang sekali dalam seumur hidup hanya satu kali, kalo menurut saya itu merupakan bentuk pesta lah euforia lah istilahnya sudah menjadi adat gitu adat dari teknik," ungkap salah satu wisudawan jurusan teknik informatika, Mukhsin.

"memang sih dampaknya bikin macet tapi ya ini untuk seumur hidup lah istilahnya ya gitu," tambahnya.


Penulis: Nadia, rnrhy

Penyunting: Yanifa

No comments:

Post a Comment