Seminar Nasional Fakultas Pertanian: Pemberdayaan Potensi Desa Berlandaskan Ekonomi Kerakyatan untuk Menghadapi Revolusi 4.0 - GEMERCIK MEDIA

Breaking

Friday 12 April 2019

Seminar Nasional Fakultas Pertanian: Pemberdayaan Potensi Desa Berlandaskan Ekonomi Kerakyatan untuk Menghadapi Revolusi 4.0


Gemercik News-Tasikmalaya (11/04). Gedung Mandala Universitas Siliwangi kembali dipenuhi oleh mahasiswa. Kamis, 11 April 2019 telah berlangsung seminar nasional yang diadakan oleh Fakultas Pertanian dan dihadiri oleh sekitar 250 peserta seminar dengan tema seminar adalah "Pemberdayaan Potensi Desa Berlandaskan Ekonomi Kerakyatan untuk Menghadapi Revolusi 4.0". "Mengapa mengambil tema tersebut karena kita kan sebagai mahasiswa pertanian dan pemberdayaannya langsung ke masyarakat. Saat ini pertanian sudah memasuki revolusi industri 4.0 dimana petani masa kini sudah menggunakan teknologi modern," jelas Feby Beliana Mora mahasiswa jurusan Agribisnis angkatan 2017 yang juga menjadi salah satu panitia dalam acara seminar tersebut.

Seminar seperti ini selalu ada setiap tahunnya, hanya beda tempat saja karena seminar ini bersifat ions. Yang penjadi pemateri pada seminar kali ini ada yang pertama dari Pemprov yang kedua ada dari FTA Centre Bandung dan yang ketiga dari salah satu alumni mahasiswa Universitas Siliwangi. Awalnya pemateri seminar PKPP Bina Desa ini akan diisi oleh Bapak Ridwan Kamil namun beliau tidak bisa hadir "Karena lagi masa cutinya bapak ridwan, tergantung jawaban dari pihak sana nya kami tidak bisa memastikan," tutur Feby kembali. 

Ketika persiapan seminar ini terdapat kendala-kendala yang dialami oleh panitia "Tapi kami selalu berusaha menyelesaikan kendala tersebut dan setiap kendala insya Allah pasti selalu ada jalan keluarnya," lanjut nya. Karena ini seminar nasional jadi peserta yang menghadiri acara ini tidak hanya dari lingkungan Universitas Siliwangi dan Tasikmalaya saja tapi tidak sedikit peserta yang hadir dari luar Tasikmalaya. Untuk penginapan peserta luar Tasikmalaya, panitia menyediakan dua tempat penginapan, yang pertama di wisma FKIP dan satu lagi peserta menginap di kontrakan-kontrakan mahasiswa pertanian.

Suci selaku panitia seminar tersebut menuturkan "Setelah selesainya acara ini masih ada rangkaian acara lain yang akan di laksanakan salahsatunya adalah bina desa.". Jadi peserta yang membawa koper atau tas yang berisi baju akan langsung di bawa ke desa tepat nya di kelurahan Ciakar.

Harapan setelah diadakannya seminar ini semoga selalu sukses karena bukan hanya ioms lagi yang menjalakan tapi untuk tuan-tuan rumah yang lainnya.


Penulis: Tresna

Penyunting: Yeyen Y.

No comments:

Post a Comment