PJS Kembali Mengadakan Musyawarah Kerja, Plan B Diterapkan - GEMERCIK MEDIA

Breaking

Thursday 28 March 2019

PJS Kembali Mengadakan Musyawarah Kerja, Plan B Diterapkan


Gemercik News-Tasikmalaya (28/03). PJS kembali melaksanakan Musyawarah Kerja Perwakilan Himpunan Jurusan dan UKM pada Rabu malam (27/03) yang bertempat di Ruang Rapat 1 Gedung Rektorat Lantai 2 Universitas Siliwangi. Musker yang dihadiri oleh 24 orang perwakilan HMJ dan UKM ini membahas mengenai fiksasi teknis pendelegasian anggota dan mekanisme pemilihan Ketua BLM-US.

Sesuai dengan plan B yang telah disiapkan oleh PJS dan Pansus yaitu memilih anggota terlebih dahulu, di mana anggotanya merupakan delegasi dari tiap-tiap Fakultas yang berada di Unsil sebanyak 2-4 orang dengan ketentuan mahasiswa minimal semester 3 dan maksimal semester 8. Pendelegasian ini akan berlangsung pada tanggal 28–31 Maret 2019, dan akan langsung dilanjutkan oleh pelaksanaan Mamlub pada tanggal 1-7 April 2019.

Awalnya PJS memberikan 2 plan cara untuk melakukan pemilihan ketua, yang pertama pemilihan ketua dilakukan di dalam Sidang Istimewa, tetapi yang bisa mengikuti sidang hanya anggota saja sedangkan UKM tidak bisa mengikuti sidang tersebut. Plan kedua yaitu pemilihan ketua dilakukan pada saat Mamlub yang dapat diikuti oleh UKM. Dan telah disepakati bahwa pemilihan ketua dilakukan di dalam Sidang Istimewa.

Musker kali ini merubah syarat dan ketentuan anggota BLM-US, yaitu penambahan syarat bahwa mahasiswa D3 juga dapat memiliki kesempatan untuk menjadi anggota dan referendum mengenai mekanisme pemilihan ketua yaitu penghapusan pada kalimat "Setelah terpilih 3 nama calon, maka pemilihan Ketua BLM-US kembali ke Mamlub dan dipilih oleh fraksi Mamlub" dikarenakan pemilihan ketua dipilih dalam Sidang Istimewa.

Referendum yang dihasilkan pada Musker kali ini diantaranya adalah :

1. mengenai teknis pendelegasian,

2. syarat dan ketentuan calon anggota dan Ketua BLM,

3. alur pendelegasian, dan

4. mekanisme pemilihan ketua.

Dalam mekanisme pemilihan Ketua BLM, tiap Fakultas akan mengirimkan satu calon ketua yang nanti akan diverifikasi berkas dan uji kesiapan. Setelah itu akan dilakukan pengkerucutan menjadi 5 orang calon ketua melalui uji public speaking/tanya jawab/orasi, dll. Selanjutnya dari 5 nama akan dikerucutkan kembali menjadi 3 nama calon melalui uji pengembangan visi misi BLM-US. Setelah terpilih 3 nama calon, pemilihan Ketua BLM-US akan diadakan pada Sidang Istimewa Anggota.

Penulis
: Silvya, Nurul

Penyunting : Indri

No comments:

Post a Comment